Ketik NOP untuk melihat status pembayaran PBB

Jogo Tonggo desa Geyer

https://www.youtube.com/watch?v=VLjengbNa0Q&ab_channel=namakugie

Desa Geyer terletak di jalur utama Grobogan Solo, memiliki luas wilayah 760,48 Ha, terdiri dari 6 dusun dan 5.989 jiwa penduduk. Seperti desa desa lainnya, desa Geyer juga berusaha berkembang menjadi lebih baik dengan memaksimalkan potensi yang ada di desa. Dari potensi kearifan lokal, wisata sejarah dan lain sebagainya.

Hingga akhirnya pandemi covid-19 datang menghajar berbagai tatanan kehidupan masyarakat desa Geyer, mulai dari ekonomi, kesehatan, infrastruktur maupun tatanan kehidupan masyarakat lainnya. Tetapi hal itu tidak membuat warga masyarakat Geyer putus asa dan menyerah pada keadaan. Berbagai upaya penanggulangan dan pencegahan meluasnya wabah covid-19 dilakukan. Mulai dari koordinasi dan sosialisasi penanganan covid, pola hidup sehat, pemberian BLT DD, penyemprotan disinfektan, pendataan pemudik yang datang dari perantauan sampai dengan membuat rumah karantina.

Sebagai bagian dari upaya jogo tonggo untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 yang masih terus dilakukan oleh desa Geyer dari awal pandemi sampai saat ini antaranya adalah :

Bidang kesehatan

Mengadakan koordinasi secara rutin dengan petugas kesehatan, dilakukan juga penyemprotan disinfektan, sosialisasi penggunaan masker, pelaksanaan rapid test di pasar desa dengan total 565 orang menjalani rapid test dengan biaya mandiri dari desa.

Bidang Ekonomi

Meningkatkan kegiatan kelompok wanita tani dalam memanfaatkan pekarangan dan lingkungan rumah guna pemenuhan kebutuhan keluarga. Mengoptimalkan peran bumdes sebagai salah satu penggerak ekonomi dengan menjadi supplier warung desa. Selain itu, pasar desa juga tetap dibuka dengan mewajibkan penggunaan masker agar para pengunjung dan pedagang pasar terhindar dari virus corona.

Bidang Sosial Keamanan

Melakukan pendataan pemudik dengan melakukan sosialisasi kesehatan dan penempelan stiker karantina mandiri di rumah pemudik. Melaksanakan kegiatan siskamling dengan melibatkan berbagai unsur diantara gabungan antara warga dengan TNI dan Polri. Kegiatan rutin gotong royong kerja bakti di lingkungan warga. Melaksanakan protokol kesehatan pemberian BPNT di warung desa. Juga diadakan pemantauan kesehatan ibu hamil dan balita melalui kegiatan posyandu oleh bidan desa.

Bidang Hiburan

Selama masa pandemi, belum diadakan pementasan hiburan maupun pementasan kesenian lokal di desa Geyer. Tetapi pemerintah desa tetap menghadirkan hiburan kepada masyarakat, yaitu mini zoo. Kebun binatang mini yang pengelolaan kawasannya dilakukan bumdes ini, menampilkan berbagai hewan langka seperti rusa timor, merak hijau dan hewan lainnya. Dibuka untuk masyarakat secara gratis dan dilengkapi free wifi agar masyarakat mudah mengakses internet. Selain itu, satgas jogo tonggo juga menjaga dan menerapkan protokol kesehatan di setiap kegiatan desa yang melibatkan pihak dari luar desa seperti launching air bersih dari BPBD kabupaten Grobogan oleh Bupati Grobogan.

Inovasi

Salah satu inovasi yang dilakukan oleh satgas jogo tonggo adalah membuat rumah karantina bagi para pemudik yang berlokasi di SMP N 1 Geyer. Di rumah karantina, dilakukan berbagai kreasi dan inovasi agar warga di rumah karantina tidak merasa bosan dan terbebani. Di antaranya adalah memberikan berbagai hiburan dan mengajak melakukan bakti sosial di lokasi karantina.

Selain itu, warga masyarakat yang tidak bisa pulang ikut memberikan bantuan bagi warga desa terdampak covid. Kegiatan unik ini, menarik perhatian salah satu TV Nasional sehingga diliput untuk disiarkan di secara nasional serta mendapat apresiasi langsung dari Polda jateng dan Gubernur Jateng bapak Ganjar Pranowo.

 

Admin Desa Geyer
Dibaca 2kali

Perangkat Desa

Modul PBB

Ketik NOP Untuk melihat status pembayaran PBB

Pengunjung

IP Anda : 103.119.139.117
Sistem Operasi : Unknown
Browser : Unknown v.?
Pengunjung hari ini : 22
Pengunjung total : 856
Tentang Kami

Raya Geyer Purwodadi, Geyer Krajan, Geyer, Kec. Geyer, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah 58172

089689385666

Follow Us
Letak Kantor

© Website Desa Geyer. All Rights Reserved. Design by HTML Codex